Perbedaan Ciri Ayam Mangon Dan Birma Asli, Apakah anda pernah mendengar nama magon / pamagon? Jenis ayam yang satu ini memang cukup tangguh dan mendominasi ayam kaygon lainnya. Dengan disebut magon sebab memiliki hasil perkawinan antara ayam pama dengan magon

Jenis ini juga disebut memiliki tiga darah karena berasal dari darah tunggal pama dan 2 darah magon. Tentu di dalam ayam magon terdapat darah birma dan saigon. Dengan ras petarung semakin lama memang semakin banyak dan berkembang pesat.

Sedangkan ayam bangkok birma asli memiliki ciri yang berbeda dengan ayam jenis yang lainnya. Banyak yang menjadikan birma sebagai ayam aduan terbaik. Bila kita membeli memang tergolong sangat mahal, jika sering meraih kemenangan tentunya kualitas ayam juga bergantung dari perawatan.

Bahkan ayam ini juga bisa dikatakan dapat mengimbangi ayam bangkok super dalam hal kualitas. Anda yang tertarik dengan ayam jenis bangkok birma sebaiknya kenali ciri karena hampir mirip dengan ayam magon. Banyak yang mengira ayam ini memiliki jenis dan ciri yang sama.

Perbedaan Ciri Ayam Mangon Dan Birma Asli

Perbedaan Ayam Mangon dan Birma Asli

Ciri Khas Ayam Mangon

  1. Bentuk kaki kecil bersama jari panjang.
  2. Ayam punya postur tak sekedar lemak dan ayam jantan lain kebanyakan punya berat badan – rata-rata ayam pama mampu raih 3 sampai 3,5 kg.
  3. Memiliki bulu ayam pama yang sangat tebal.
  4. Terdapat sisik kering di kaki.
  5. Kemudian Anda punya bulu ayam yang sangat khas di mana campurannya merah, hijau, kuning keemasan, hitam dan abu-abu, jadi agak menarik untuk dilihat.
  6. Tulang kaki agak bulat.
  7. Warna kaki lebih cerah.

Ciri Khas Ayam Birma Asli

  1. Postur tubuhnya mirip sekali dengan ayam kampung.
  2. Berat badan ayam ini biasanya dibawah 3 kg.
  3. Jari kaki yang kecil dan panjang.
  4. Tulangan ayam ini relative kecil dan agak tipis (ayam birma ori).
  5. Jenis bulu yang di miliki ayam ini adalah cenderung menjauhi warna ayam Thailand,.
  6. Thailand memiliki warna dominan seperti Kuning Merah, Merah Hitam, atau pun hitam dan lainnya,. Sementara ayam ini lebih kepada warna warna campuran dari merah, abu-abu, wido serta menjauhi warna primer ayam Thailand ( bangkok ).
  7. Gaya bertarung pranggal, kemampuan menghindar dari lawan kadang ngolong, lari memutar, biasa main jaga jarak. Jika lawan datangnya tanggung / ragu-ragu akan dengan mudah disikat oleh ayam ini,. Namun dengan tulangan yang kecil membuat ayam ini tidak terlalu kuat jika sering kena pukulan keras terutama pada bagian badan atau punggung. Jadi tidak menutup kemungkinan ketika tarung dalam durasi yang lama tidak menutup kemungkinan ayam ini akan lari gak kuat di pukuli.

Adanya artikel kali ini yang admin sampaikan tentu akan membuat anda lebih mengetahui perbedan ayam magon dan birma asli bukan? Jangan lupa bagikan kepada teman dan kerabat agar mendapatkan informasi yang sama dengan pemain lainnya. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories